Minggu, 10 Mei 2020

Diklat Sagusablog





DIKLAT SAGUSABLOG

LATAR BELAKANG KEIKUTSERTAAN :

Bapak ibu rekan rekan guru yang saya hormati. Negara kita saat ini sedang dalam situasi sulit menghadapi pendemi Covid 19. Presiden Joko Widodo dengan tegas menghimbau untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah dari rumah. Ini adalah perjuangan seluruh unsur bangsa. Ketika tenaga medis dan para medis berjuang di garda terdepan untuk merawat dan menyembuhkan mereka yang tertular, maka kita juga berjuang melalui proses pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa. 

Salah satu pencegahan penularan virus corona atau covid 19 adalah dengan memutus mata rantai penularannya yaitu dengan menerapkan social distanching. Dalam kondisi seperti ini kemajuan teknologi dan media informasi secara online menjadi bagian dari solusi pelaksanaan pembelajaran yang harus terus berlangsung.Siswa harus terus belajar sepenuhnya sambil tetap bersosialisasi dengan teman sekelas, menonton video berdiskusi dan berpartisipasi aktif pada setiap mata pelajaran. 

Kinerja guru pun dituntut dalam menyiapkan pembelajaran online yang menarik dan membangun keaktifan siswa. Guru harus mampu merancang atau mendesain pembelajaran daring yang efektif, dengan memanfaatkan media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. 

Tidak mudah bagi semua guru untuk melaksanakan pembelajaran daring yang tepat dan efektif, karena tidak semua guru memiliki kemampuan dan semangat perubahan yang sama. Namun tidak usah risau, karena pemerintah tidak tinggal diam. Diklat diklat daring dalam rangka peningkatan kompetensi guru, khususnya dalam pengelolan pembelajaran online, banyak sekali diadakan oleh pemerintah dan lembaga profesi guru maupun dari pihak swasta melalui progamer IT atau lembaga lembaga penyelenggara yang lain. 

Salah satu diklat yang penulis ikuti adalah Diklat online Sagusablog

Alur pendaftaran yang penulis ikuti untuk bisa menjadi peserta kegiatan Sagusablog adalah dengan masuk dulu sebagai anggota IGI (Ikatan Guru Indonesia). Dengan prosedur yang telah penulis ikuti maka jadilah keanggotaan IGI penulis pegang. Rasanya bersyukur sekali karena di sini penulis diberi kesempatan untuk belajar dan berkembang. Juga sebuah kesadaran bahwa kita para guru harus siap berubah dan melakukan perubahan.

Baru kemudian penulis bisa mengikuti langkah langkah agar bisa bergabung dalam kegiatan Sagusablog. Berikut penulis sertakan langkah awal untuk melakukan pendaftaran ke kegiatan Sagusablog.

Nampaknya kita harus selalu bersyukur bahwa di balik dampak negative dari adanya pandemic covid 19 namun ada banyak perubahan baru yang posistif yang terjadi pada kita semuanya. Tepat sekali paparan Prof Suhono Supangkat guru besar ITB pada kegiatan Webinar Guru yang diselenggarakan oleh PB PGRI secara online melalui live streeming bahwa “kita sebenarnya harus berterimakasih kepada keadaan ini karena Covid merupakan leader yang mengifluen kita semua sehingga kita bisa menggunakan teknologi dengan bijaksana”. 


SAGUSABLOG 

Sagusablog (Satu Guru Satu Blog) sebagai salah satu kanal kegiatan Ikatan Guru Indonesia (IGI), organisasi profesional guru yang berdiri secara resmi sejak tahun 2009 melalui SK Kemenkumhan No. AHU-125 AHA 01 06 tahun 2009, kanal kegiatan yang diresmikan di Surabaya 10 Oktober 2016, sampai saat ini telah melatih lebih dari 3000 Guru di Indonesia dan menghasilkan lebih dari 1500 Blog Guru. 

Saat ini yang sedang penulis ikuti adalah Workshop Online Sagusablog Dasar yang dilaksanakan dari tanggal 8 Mei s/d 14 Mei 2020. Penulis masuk di kelas H-I yang dipandu dan dibimbing oleh mentor mentor yang sangat sabar dan baik hati. Diskusi yang cukup gayeng di kelas online yang banyak diwarnai pertanyaan pertanyaan peserta yang ditanggapi sangat baik oleh mentor mentor. Kami nanti akan dinyatakan lulus jika sudah memenuhi target sesuai dengan kegiatan yang sudah ditentukan. 

Kegiatan peserta adalah mempelajari 6 modul yang telah disediakan dalam bentuk PDF disertai dengan video pendukung yang tentunya makin memperjelas. Dengan penyediaan bahan diklat tersebut penulis mencoba memahami dengan melaksanakan setiap tugas penyertanya. Adapun  Media Pembelajaran Berbasis Blog kelas Dasar disampaikan dalam 6 (enam) modul. Adapun materinya adalah  sebagai berikut:

  • Modul 1 : Membuat blog dengan blogger
  • Modul 2 : Mengganti dan mendesain template bawaan blogger
  • Modul 3 : Mendesain Header blog
  • Modul 4 : Mengelola dan Menghias Blog
  • Modul 5 : Membuat dan Mengelola Menu Blog
  • Modul 6 : Membuat dan mengelola soal online di google drive
yang lebih menarik dan memudahkan lagi adalah bahwa semua materi itu sudah disediakan dalam satu aplikasi Sagusablog yang bisa diinstal pada media elektronik kita. Aplikasi tersebut memuat 3 layanan yaitu : Modul - Video - Laporan.

Penulis berharap dalam kesempatan ini bisa membuat dan memenfaatkan blog untuk kepentingan pengembangan dunia pendidikan. Dengan begitu suara dan ide ide penulis nantinya akan bisa dimplementasikan dalam blog yang kemudian dibaca oleh pembaca melalui media social. Penulis sangat berharap bisa terus mengikuti program lanjutan dari sagusablog ini. 

Akhir dari kegiatan kami semua akan mendapatkan Sertifikat digital (34jam) yang hanya bisa didownload setelah peserta bisa menunjukan hasil pekerjaan, dan dinyatakan lulus oleh mentor dikelasnya. Namun bukan sekedar sertifikat yang menjadi daya tarik penulis namun ilmu yang disampaikan begitu berharga dan tidak ternilai harganya.

Yang pasti penulis merasa puas atas layanan admin Sagusablog yang sangat membantu kami. Terimakasih atas semua ilmu yang diberikan kepada kami para guru di seluruh Indonesia. Kami akan mengimplementasikan ini dalam dunia pendidikan yang kami geluti. 

Terimakasih Sagusablog...... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar